I made this widget at MyFlashFetish.com.

Selasa, 14 Desember 2010

Project data base
Visual Basic adalah suatu develoment tools untuk membangun aplikasi dalam lingkungan windows.dalam pembangunan aplikasi menggunakan pendekatan visual untuk merancang user interface dalam bentuk form, sedangkan bentuk kondisinya merupakan dialek bahasa basic yang cendrung mudah dipelajari.
Dalam minggu ini membuat aplikasi data base dengan menggunakan kata sandi sebelum masuk kedalam project databasenya. Agar kata sandinya terbaca “**********” properti textboxnya dicari password chartnya kita tambahkan dengan simbol *.





Gambar.1






Gambar.2

Private Sub Command1_Click()
If Text1.Text = "angga alund" Then
Form1.Hide
MDIForm1.Show
Else
MsgBox "Salah WEE", vbInformation, "disiksa lw"
End If
End Sub
Maksud dari  if text1.text = “angga alund” then adalah “angga alund” merupakan kata sandi yang digunakan dalam form ini. Jika kata sandi yang dgunakan salah akan muncul form “salah wee” dan formnya dengan nama “disiksa lw”.







Gambar.3
Private Sub Data_base_Click()
Form2.Show
End Sub
Maksud form2.show  adalah jika data base klik akan muncul form2 dengan nama “azab kubur3”. Tampilan ini bisa dijadikan 1 dengan Form2





Private Sub Exit_Click()
If MsgBox("Yakin lw mau keluar Azab Kubur ?", vbInformation + vbYesNo, "Konfirmasi") = vbYes Then
Unload Me
End If
End Sub
Maksud diatas adalah keluar dari data base tetapi sebelum keluar dari MDIForm1 muncul dahulu “kofirmasi” terlebih dahulu dan mendapat pilihan “yes or no”. Jika memilih “yes” akan keluar dari MDIForm1 dan kembali keform pertama tersebut, tetapi jika memilih “no” akan membatalkan pilihan untuk keluar.








Gambar.4








Gambar.5












Gambar.6










Gambar.7








Gambar.8








Gambar.9
















Gambar.10












Gambar.11












 Gambar.12
Penjelasan :
untuk menampilkan ADODC DAN Data Grid pada Visual Basic pada toolbar kosong klik kanan pada mouse lalu pilih component kemudian piih microsoft ADO data control 6.0 coleDBL  dan Data Grid kemudian klik ok. Supaya data sinkron antara Text, Data Grid dan ADODC klik pada menu divisual basic 6.0 cari Add-ins kemudian klik Visual data manajer. Lalu aka muncul form, dimenu form tersebut kita klik file, lalu new, kemudian klik ms.acces 7.0.
          setelah masuk kemenu MS.acces 7.0 kemudian klik kanan pada mouse pilih structure setelah itu akan muncul tabel dan berikanlah nama yang akan disimpan, kemudian klik Add Field untuk memasukkan nama, kelas, NPM,alamat,no telp dab masukkan sesuai dengan ukuran yang diperlukan didalam data grid.

          Klik kanan pada mouse didalam ADODC kemudian klik propertis ADODC kemudian klik Connection string klik Build kemudian cari pilihan MS.set 4.0 ole DB provider kemudian browser data yang kita buat tadi setelah selesai browser data yang dibuat kemudian klik tab Connection, pindah keRecord source pilih 2.adcmd table kemudian pilih data base kemudian klik ok.
       Pada form2 (siksa kubur2) dibagian Data Gridnya dicari Data Source  kemudian pilih ADODC1 pada propertinya. Setelah selesai memilih ADODC1 pada Properti Data Grid pada Textbox diproperti klik Data Sourcenya diganti dengan ADODC1 dan Data Fieldnya diganti dengan Nama/ kelas/ NPM/ Alamat/ no.telp.
       Untuk mempercantik tampilan data base, ADODC dipropertis lalu cari Visible kemudian yang tadinya true kita ubah menjadi false. Yang berarti pada saat program berjalan tidak menampilkan ADODC itu.
Private Sub Command1_Click()
Adodc1.Recordset.AddNew
End Sub
Maksud diatas adalah Command1 ( insert ) memulai dengan memasukkan data dan akan muncul didata grid.
Private Sub Command2_Click()
If MsgBox("yakin data Siksa Kubur akan dihapus", vbExclamation + vbYesNo, "konfirmasi") = vbYes Then
Adodc1.Recordset.Delete
End If
End Sub
Maksud diatas adalah menghapus data base tetapi dengan menggunakan pilihan “yes or no”yaitu dengan muncul terlebih dahulu  messegebox “konfirmasi”  dengan tulisan “yakin data siksa kubur akan dihapus”.
Private Sub Command3_Click()
Adodc1.Recordset.MoveFirst
End Sub
Maksud diatas adalah memindahkan “data base” bawah keatas.

Private Sub Command4_Click()
Adodc1.Recordset.MovePrevious
If Adodc1.Recordset.BOF Then
MsgBox "error lw"
End If
End Sub
Maksud diatas adalah memindahkan “data base” dari bawah keatas tetapi jika “data base” yang dipindahkan sudah terletak paling atas akan muncul messegebox “error lw”.
Private Sub Command5_Click()
Adodc1.Recordset.MoveNext
If Adodc1.Recordset.EOF Then
MsgBox "bener gak nie data terakhir"
End If
End Sub
Maksud diatas adalah memindahkan “data base” dari atas kebawah tetapi jika “data base” sudah terletak paling bawah akan muncul messegebox “bener gak nie data terakhir”
Private Sub Command6_Click()
Adodc1.Recordset.MoveLast
End Sub
                Maksud diatas adalah memindahkan ”data base” dari atas kebawah.
Private Sub Command7_Click()
If MsgBox("yakin lw mau keluar azab kubur?", vbInformationx + vbYesNo, "konfirmasi") = vbYes Then
Unload Me
End If
End Sub
                Maksud diatas adalah keluar dari form2 (azab kubur3) tetapi terdapat messegebox “konformasi”  dengan pilihan “yes or no”. Jika memilih “yes” maka akan keluar dari form2 dan program akan berhenti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar