I made this widget at MyFlashFetish.com.

Sabtu, 03 November 2012

JUJUR WALAU MENYAKITKAN

Tulisan matakuliah Bahasa Indonesia 1

Kejujuran sebuah kata yang sangat sederhana tapi sekarang menjadi barang langka dan sangat mahal harganya. Memang ketika kita merasa senang dan segalanya berjalan lancar, mengamalkan kejujuran secara konsisten tidaklah sulit, tetapi pada saat sebuah nilai kejujuran yang kita pegang berbenturan dengan perasaan, kita mulai tergoncang apakah tetap memegangnya, atau kita biarkan tergilas oleh keadaan. Sebuah kisah kejujuran yang sangat menyentuh hati, dua orang anak kecil menjajakan tisu di pinggir jalan. Membuat kita mesti belajar banyak tentang arti sebuah kejujuran.
Kejujuran adalah perilaku kunci yang sangat efektif untuk membangun kepercayaan (kredibilitas), begitu pula bila sebaliknya dapat menghancurkan kehidupan seseorang. Kejujuran adalah nilai, kehormatan, seseorang yang bermartabat bahkan akan melampaui segala atribut duniawi lainnya, bila dia seorang pejabat tingi maka kejujurannya lebih tinggi dari pangkatnya, bila dia seorang kaya maka kejujurannya lebih membuatnya terhormat dibanding dengan kekayaannya, bila dia seorang yang cerdas yang cerdas dan berilmu maka kejujurannya membuatnya lebih disegani dari pada kecerdasan dan keilmuannnya, pendek kata siapapun yang sangat dikenal dengan kejujurannya yang jelas terbukti serta teruji , maka hati orang orang yang mengetahuinya akan menjadi bulat tanpa keraguan untuk mempercayai segala tindakan dan perkataannya, serta akan mudah menimbulkan komitmen dari orang lain yang berhubungan dengannya
Oleh karena itu dalam merintis karir kehidupan ini, benar benar harus dengan tekad yang membaja dan kesungguhan yang selalu menggelora untuk menjadi orang yang terpercaya terjaga kejujurannya sampai akhir hayat kelak. Jangan pernah terpancing atau terkecoh oleh keuntungan dengan mengabaikan kejujuran , karena sesungguhnya keuntungan dengan jalan ketidakjujuran selain keuntungan tersebut semu, dalam jangka sangat pendek pasti akan menimbulkan kerugian yang kompleks serta untuk jangka panjang bahkan bisa tembus sampai akherat nanti.
Biasakanlah selalu jujur dimulai dari hal yang paling sederhana dan kecil sekalipun , walaupun terhadap anak kecil , sudah terlalu banyak bukti di sekitar kita untuk dijadikan pelajaran. kata kuncinya adalah bertanya kepada hati nurani sendiri, tanyalah apakah kata kata ini benar bisa dipertanggungjawabkan atau tidak katakanlah hanya yang kita yakini kebenarannya,
jangan pernah takut dianggap bodoh karena tak sanggup menjawab, biasakanlah berkata apa adanya tentu saja pada saat dan kondisi yang tepat serta dibutuhkan. Jangan pernah mudah membuat janji, pastikan setiap janji yang diucapkan sudah diperhitungkan matang matang , dan berusaha keraslah untuk memenuhi janji walaupun harus berkorban banyak hal, karena kerugian tak menepati janji benar benar jauh lebih merugikan.
Tepat waktulah dalam segala hal, jangan terlambat atau gemar menunda nunda atau mengakhirkan padahal banyak kesempatan , bermain main masalah waktu akan sangat merontokan kredibilitas. Biasakanlah memiliki data dan fakta yang jelas, dan bersikaplah terbuka serta jangan suka bertindak sembunyi sembunyi atAndaikata kita mati besok lusa persiapkanlah warisan termahal bagi keluarga , keturunan dan bagi lingkungan kita kenangan indah yaitu kejujuran dan ketulusan, sungguh warisan yang tak pernah lekang dimakan jaman, yang akan membuat bangga anak cucu kita juga membuat puas siapapun yang bergaul dengan kita, dan tentu saja semoga membuat Alloh ridho dengan amal amal kita.
Wallahu alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar