I made this widget at MyFlashFetish.com.

Senin, 21 Februari 2011

Mempertahankan kebudayaan indonesia

SIKAP-SIKAP UNTUK MEMPERTAHANKAN KEBUDAYAAN INDONESIA YANG BANYAK DIKLAIM
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak kebudayaan. Akhir-akhir ini kebudayaan Indonesia diklaim oleh negara lain. Yang terutama adalah Malaysia. Ada 10 budaya Indonesia yang diklaim oleh Malaysia, yaitu batik, tari pendet, wayang kulit, angklung, reog ponorogo, kuda lumping, lagu rasa sayange, bunga raflesia arnoldi, keris, rending padang.
Untuk mempertahankan kebudayaan Indonesia sikap yang harus dilakukan adalah dengan mengembangkan kebudayaan tersebut, melestarikannya agar tidak dimakan oleh zaman yang semakin canggih, dan mengetahui serta memahami bagaimana cara menghargai kebudayaan-kebudayaan tersebut yang sudah dipertahankan oleh nenek moyang kita sampai saat ini. Jelas saja negara lain mengklaim kebudayaan kita termasuk kebudayaan mereka juga, jika kita tidak memperhatikan kebudayaan kita sendiri. Kita hanya bisa marah saja ketika kebudayaan kita diklaim negara lain, padahal kita tidak pernah menghargai kebudayaan kita.
Itulah yang membuat saya sadar kenapa kebudayaan kita diklaim negara lain. Sebagai generasi muda, marilah kita sama-sama mempertahankan, melestarikan serta mengembangkan kebudayaan-kebudayaan kita agar kebudayaan-kebudayaan kita tidak lagi diklaim negara lain dan juga kebudayaan kita bisa diakui oleh seluruh dunia. Contohnya adalah batik yang sudah mendapatkan hak paten bahwa batik merupakan kebudayaan asli Indoensia. Semoga kita bisa sadar dengan zaman yang semakin maju ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar